Fashion

 

Hoax atau Tidak?


Saat ini akan dibahas, hal-hal yang sering kita lakukan dalam menggunakan teknologi sehari-hari, ini kenyataan atau hanya berita palsu (hoax)? Ini tiga hal, diantaranya:

 

1. Harus “Eject” USB ( FLASHDISK) sebelum dicabut.
Banyak yang katakan kalau tidak “eject” sebelum dicabut maka data akan rusak dan hilang, atau bahasa kerennya “corrupted file”.
Kenyataanya: Sebenarnya selama kita tidak sedang melakukan proses pentransferan data atau tidak sedang melakukan apa-apa terhadap file di USB, maka tidak masalah kita langsung mencabut USB tanpa proses eject. Mengklik eject atau safely remove USB sebenarnya berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada proses menulis data ke dalam USB.

 

2. Mengosongkan data di tempat sampah (Recycle Bin), berarti menghilangkan data secara permanen.
Biasanya file yang sudah dihapus akan dialihkan terlebih dahulu ke Recycle Bin sebelum nantinya file tersebut benar-benar dihapus secara permanen dari PC ( Personal Computer).
Kenyataanya: Sebenarnya data yang dihapus tersebut masih ada dan dapat dipulihkan dengan aplikasi recovery. Sedang data terhapus secara permanen jika data tadi ditimpa oleh data lain dalam jumlah yang banyak.

 

3. Mengklik refresh dilayar desktop agar mempercepat kerja windows.
Pasti kita sering melihat orang melakukan ini, meng-klik tombol refresh dilayar desktopnya, atau bahkan kita sering melakukan hal tersebut, kalau komputer seakan-akan lambat (alias lemot).
Kenyataannya: Tahukah saudara kalau Desktop dan File Explorer hanya berisi shortcut, file, dan folder. Windows akan melakukan 'penyegaran' dari waktu ke waktu untuk menampilkan perubahan konten. Misal, ketika menaruh shortcut atau menghapus shortcut di desktop, Windows akan 'Refresh' dan menampilkan keadaan desktop yang terbaru. Hanya saja terkadang Windows tidak melakukan 'Auto Refresh' atau penyegaran otomatis, untuk itulah tombol “Refresh” ada untuk penyegaran secara manual.

 



Ditulis oleh:


Imelda Lauran, S.T.