Fashion

 

QR CODE


Pernah melihat gambar diatas ini? Bagi kebanyakan orang yang aktif menggunakan internet ataupun gadget, pasti pernah melihat gambar disamping ini. Tidak sedikit orang yang pernah melihat, tapi tidak mengetahui fungsi apa saja yang terdapat dalam gambar tersebut. Dan bagi yang belum pernah sama sekali melihat gambar yang aneh ini, artikel bulan ini, kita akan membahas tentang fungsi gambar tersebut.
Nama dari gambar tersebut adalah QR Code (Quick Response Code) yang merupakan teknologi matrik barcode (matrik dua dimensi) yang dewasa ini sangat berkembang cepat karena pembacaan yang cepat dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Menurut situs Wikipedia Indonesia, penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang, hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode matriks atau kode batang dua dimensi ini dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994.

 

Apa saja manfaat QR Code?
Secara garis besar manfaat QR Code sebagai sarana penyampaian promosi dan informasi. Seperti kita tahu, kalau kemampuan QR Code salah satunya dapat menyimpan data lebih besar. Contoh aplikasi dapat kita lihat:
a. Kartu Nama.
Kartu nama yang di desain dengan QR Code dapat memuat lebih banyak informasi. Kita bisa menyimpan profil pribadi kita dengan lengkap, bahkan profil perusahaan dimana kita bekerja.

b. Promosi Brand/Produk Terbaru.
QR Code dipasang dengan menambahkan situs perusahaan kita. Dan segala informasi tentang produk yang baru di keluarkan, baik penawaran spesial dan kupon, hadiah, bahkan video promo. Media promosi ini memiliki cakupan yang sangat luas.

c. Untuk Menungunduh Aplikasi.
Untuk para developer, hal ini sangat cocok karena lebih praktis dan mudah untuk mempromosikan aplikasi yang dibuat. Cukup membidik QR Code dengan kamera smartphone yang kita punya, maka aplikasi akan terunduh otomatis di smartphone.

d. Untuk Sistem Pengabsenan.
QR Code juga bisa digunakan dalam sistem pengabsenan untuk acara atau kegiatan tertentu. Dengan menggunakan QR Code dapat menghemat penggunaan kartu karena hanya menggunakan gadget smartphone yang kita punya.
Itu beberapa contoh aplikasi QR Code yang dapat kita temukan sehari-hari dan dapat kita gunakan sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat. Tuhan Yesus memberkati.



Imelda Lauran, S.T.