Fashion

 

Wi-Fi


Di era generasi net sekarang ini, internet bukan lagi menjadi kebutuhan tersier tetapi sudah menjadi kebutuhan premier, apalagi dikota-kota besar. Hampir dibanyak tempat-tempat umum, seperti tempat makan, mall, penginapan, bandara, dan tempat transportasi lainnya, kita sering melihat gambar yang disamping ini, “free WiFi”. Bahkan sekarang disejumlah besar rumah, perkantoran, persekolahan menggunakan Wi-fi. Tidak saja anak-anak muda, orang tua bahkan anak-anak kecil sudah sangat familiar dengan istilah “wifi”. Hal lain yan sering kita jumpai ditempat makan atau tempat-tempat-tempat umum yaitu pertanyaan :”Password Wi-Fi nya apa?”. Bahkan tempat yang paling banyak dan paling sering didatangi anak-anak zaman sekarang adalah tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi. Untuk itu kita perlu tahu, apa sebenarnya Wi-Fi, sehingga kita tidak hanya sebagai pengguna Wi-Fi tetapi tahu benar apa itu Wi-Fi.

Apa itu Wi-Fi?
Mungkin bagi sebagian orang mengira bahwa Wi-Fi singkatan dari “wireless fidelity” akan tetapi Wi-Fi sendiri adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar IEEE 802.11.
Menurut Wikepedia Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memafaatkan peralatan elektronik untuk berukar data secara nirkabel (gelombang radio) melalu sebuah jaringan komputer (Wireless Lan, “WLAN”), dan termasuk internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi (jaringan wireless) ini sangat kompatibel dihampir semua PC, Laptop, Smartphone, Tab, printer, bahkan kamera digital.
Alat WiFI dapat terhubung dengan internet dalam jangkauan sebuah jaringan nirkabel yang terhubung dengan internet. Wi-Fi memerlukan sebuah titik akses atau lebih yang disebut dengan hotspot yang berfungsi mengontrol dan menghubungkan pengguna dengan jaringan internet. Hotspot dapat mencakup wilayah seluas beberapa kamar hingga beberapa mil persegi.
Wi-Fi sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantarnya dengan menggunakan Wi-fi kita bisa lebih fleksibel karena dapat berpindah-pindah tempat, intalasi yang lebih mudah, murah, cepat, dan rapi. Hampir semua perangkat support Wi-fi. Sedang kelamahannya, jaringan Wi-Fi kurang aman karena bisa dihack/sadap, kekuatan sinyal yang terkadang tidak stabil, tergantung cuaca dan lingkungan seperti tembok dan kaca yang menghalangi.

Demikian pembahasan kita tentang Wi-Fi, bulan depan kita akan membahasa tentang teknologi yang diperkirakan menjadi pengganti Wi-Fi. Tuhan Yesus membekati.


Ditulis oleh:


Imelda Lauran, S.T.