Fashion

 

Cara Membersihkan Usus Kita

Tak sedikit orang yang menderita gangguan pencernaan belakangan ini. Salah satu alasannya adalah konsumsi makanan 'modern' yang minim gizi dan serat, bahkan kaya akan bahan kimia (aditif).

 

Tak sedikit orang yang menderita gangguan pencernaan belakangan ini. Salah satu alasannya adalah konsumsi makanan 'modern' yang minim gizi dan serat, bahkan kaya akan bahan kimia (aditif). Oleh sebab itu diperlukan cara membersihkan usus secara alami, tanpa melibatkan obat-obatan kimia berbahaya.
Usus adalah bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sekitar 70 sampai 80 persen dari jaringan sistem kekebalan tubuh berada dalam sistem pencernaan. Itulah sebabnya memastikan bahwa usus selalu sehat sangatlah penting meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Cara mudah dalam membersihkan usus adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan alami, seperti:
1. Air
Usus besar harus tetap terhidrasi supaya sehat. Kurangnya air tak hanya menyebabkan konstipasi namun juga timbunan zat beracun dalam tubuh.

2. Makanan kaya serat (buah dan sayuran yang mengandung klorofil)
Penting untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan serat tidak larut. Jenis makanan ini dipercaya menambahkan massa feses dan meningkatkan kecepatan pergerakan makanan dalam saluran gastrointestinal, bertindak sebagai pencahar alami.

3. Probiotik Yoghurt
Yoghurt mengandung bakteri baik yang menguntungkan lingkungan usus kita dan mengandung cukup kalsium yang menghambat pertumbuhan sel-sel buruk yang melapisi usus besar.
4. Hindari makanan berpengawet
Makanan yang diawetkan seperti kalengan dapat membunuh bakteri baik di dalam usus yang berfungsi menghilangkan racun dari makanan. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan semacam ini, sebagai pengganti anda bisa memilih makanan sehat buatan anda sendiri.

5. Minyak sehat
Minyak tertentu seperti minyak ikan, minyak ikan cod, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak oregano juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan usus besar.
Dengan mengkonsumsi makanan pembersih usus besar ini, tubuh tetap bekerja optimal dan mampu menghilangkan racun secara efisien. Kesehatan tubuh dengan pencernaan yang baik memiliki lebih banyak energi, kulit lebih cerah karena lebih baik menyerap vitamin, mineral dan nutrisi lain dari makanan yang dikonsumsi.

 

 

 

Ditulis oleh:

dr. Agustina Karianto